Umpan Pancing Jitu Ikan Toman di Danau dan Rawa

Umpan Pancing Terbaik Ikan Toman di Danau dan Rawa
Memancing Ikan Toman menjadi tantangan tersendiri bagi para Mancing Mania, nah berikut adalah berbagai jenis umpan pancing jitu dan terbaik yang bisa digunakan jika anda ingin memancing Ikan Toman baik di Danau atau di Rawa atau juga bisa dikolam.

Sebagaimana diketahu, Ikan toman memang kerap mengalami perubahan warna, yaitu mulai dari garis garis dan kemerahan serta mengembangkan pola kebiru-hitam-putihan pada tubug bagian atas. Ikan iki juga memiliki kemampuan untuk melompat ke atas permukaan air dan menghirup udara seperti kebanyakan ikan ikan besar yang banyak diliput dalam acara acara di televisi. Namun, ikan ini hanya bisa melakukan hal tersebut di tempat tempat yang berlumpur seperti di daerah rawa-rawa.

Ikan yang dijuluki sebagai mudfish ini memiliki kemampuan untuk menghirup udara dengan menggunakan paru paru primitif yang letaknya tepat berada di belakang insang, sehingga hal ini menunjukkan bukti bahwa ikan toman merupakan ikan yang mampu hidup di genangan air yang mana memiliki kandungan oksigen dalam air yang cukup rendah, sehingga ikan tersebut bisa naik ke permukaan dan mengambil napas dengan menggunakan udara di atas air.

Beberapa racikan umpan ikan toman memang sangat perlu untuk dipelajari jika seseorang hendak memancing ikan tersebut, hal itu dikarenakan ikan toman bukanlah ikan yang mau memakan sembarangan umpan. Sehingga jika anda adalah seorang pemancing, maka untuk bisa mendapatkan hasil pancingan berupa ikan toman maka anda perlu untuk mempersiapkan umpan yang pas.

Umpan Daging Ayam
  • Racikan Daging Ayam
  • Siapkan 1/4 daging ayam bagian dada
  • Buang bagian kulit ayam
  • Potong dadu kecil-kecil 2 cm potong  
  • Kaitkan pada kail sebanyak 2-4 potongan lalu lempar 
Katak/Precil

Gunakan katak yang masih hidup kemudian kaitkan dengan pancing, usahakan katak masih hidup sehingga dapat bergerak ketika joran dilemparkan. Gerakan dari katak ini akan menarik ikan toman untuk memangsanya.

Anakan Ikan Lele

Belilah anak ikan lele dengan ukuran sekitar 2 jari. Ketika memakai umpan beong lele sebaiknya memakai pelampung agar umpan bergerak bebas dan menarik perhatian toman.

Namun, untuk membuat umpan supaya bisa mendapatkan ikan toman dalam pancingan tidaklah terlalu sulit, namun anda perlu mengorbankan hasil tangkapan anda yang lain. Ya, umpan yang paling cocok digunakan untuk mendaparkan ikan toman adalah ikan ikan yang memiliki ukuran yang lebih kecil. Sehingga hal ini mengharuskan anda menggunakan hasil tangkapan anda untuk mendapatkan tangkapan lain yang jauh lebih besar.

Selain ikan yang lebih kecil, katak dan beberapa jenis makhluk air yang memiliki ukuran yang lebih kecil daripada ikan toman juga bisa menjadi umpan ikan toman. Hal tersebut dikarenakan ikan toman menyukai makhluk makhluk yang memiliki bentuk atau rupa yang hampir sejenis, dan merupakan makhluk hidup dalam air.