Umpan Pancing Jitu Ikan Mujair

Cara Memancing Ikan Mujair
Umpan Pancing Jitu Ikan Mujair - Ikan mujair atau lazim disebut ikan jaer merupakan ikan favorite karena yang memang rasanya enak dan ikan ini sangat familiar di masyarakat indonesia. Untuk memancing ikan jenis mujair pun bisa dibilang cukup mudah karena karakter memakannya yang cukup bengis sehingga mudah sekali di lihat saat ikan ini memakan umpan yang kita pasang di kail.

Beberapa resep umpan untuk mancing ikan Mujair / Nila / Jaer yang dapat dijadikan referensi :
  • Lumut Sawah : Umpan yang paling banyak di gunakan para pemancing ikan nila atau mujair adalah lumut sawah. Namun kita bisa sedikit bereksperimen untuk memancing ikan mujair ini dengan lumut, yaitu dengan menambahkan sedikit campuran essence vanili, atau coco pandan ke lumutnya tapi tetep pake kail no. kecil. Agar tidak tenggelam, nyantolin umpannya kecil saja atau kalo perlu pake pelampung busa tapi yg kecil.
  • Umpan Cacing : Cacing adalah umpan andalan untuk memancing di sungai. Cacing yang bagus untuk memancing ikan mujair adalah cacing kristal, karena tidak mudah kesobek.
  • Umpan ulat beras : Dikampung biasanya beras disimpan digentong yg terbuat dari tanah liat, nah biasanya kalo kelamaan berasnya pada nempel di dalam gentongnya dan biasanya disitu banyak ulat berasnya.
    Biasanya ikan mas/nila/mujaer paling galak sama umpan ini.
  • Udang air tawar : Menggunakan umpan udang air tawar yang biasa digunakan untuk makanan ikan louhan (pake pelet rasa udang/essence udang).
  • Ulat belimbing : Menggunakan umpan ulat belimbing yang biasanya ada pada belimbing yang busuk atau kematengan di pohon dan jatuh sendiri ke tanah.
  • Umpan racikan (pelet) :
Bahan – bahan membuat pelet untuk ikan mujair :
– Tepung Ketan Rose Brand ¼ kilo.
– Tepung Jagung Maizena ½ bungkus.
– Lumut Sawah (yang dipake dalam keadaan setengah basah).
– Vanili bubuk 1 sdm
Cara Pengolahan pelet :
Tepung Ketan + Tepung Jagung + Lumut + Vanili = Campur jadi satu + dikukus +/- 5 – 10 menit. Tapi hati-hati dengan lumutnya, karena kalo dikukus mudah hancur.